Model-View-Controller/MVC pada Framework YII

Yii merupakan sebuah PHP framework opensource gratis yang berbasis komponen dengan performasi tinggi untuk mengembangkan aplikasi web bersekala besar. Yii mengimplementasikan Model View Controller/MVC. Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.
Framework adalah kerangka kerja yang juga dapat diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman seperti koneksi ke database, pemanggilan variabel, file,dll sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi. Bisa juga dikatakan Framework adalah komponen pemrorgaman yang siap re-use kapan saja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama dari awal.
Yii menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman Web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dieja sebagai/i:/) singkatan dari easy, efficient dan extensible (mudah, efisien, dan bisa diperluas).
Yii adalah kerangka kerja pemrograman umum Web yang bisa dipakai untuk mengembangkan semua jenis aplikasi Web. Oleh karena Yii sangat ringan dan dilengkapi dengan solusi caching yang memuaskan, ia sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas-tinggi, seperti portal, forum, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, dll.

Fitur yang ada pada yii
• Menggunakan pola MVC, pola standart pengembangan aplikasi yang memisahkan tampilan, logic program, dan modelnya
• Menggunakan database abstraction layer seperti Data Access Objects(DAO) dan Active Record untuk memudahkan interaksi antar database.
• Terintegrasi dengan JQuery Javascript Framework. Walaupun menggunakan Jquery sebagai internal javascript library, namun Yii dapat menggunakan librari lain tanpa terjadi bentrok.
• Mendukung Internationalization (I18N) and localization (L10N) untuk memudahkan pengembangan aplikasi dalam multi bahasa dan lokasi seperti penggunaan waktu dan tanggal.
• Memiliki layer cache untuk cache data, halaman, sebagian, dan keseluruhan aplikasi sehingga dapat meningkatan performance dengan beragam pilihan media cache. Penggunaan media cache seperti database, APC, memcache, dan sebagainya mudah diatur tanpa melakukan perubahan besar pada kode..
• Fitur penanganan error dan logging, sehingga memudahkan pengembangan dalam melakukan debuging aplikasi dalam masa pengembangan aplikasi.
• Penggunaan theme, memudahkan pengembangan aplikasi dalam merancang tampilan aplikasi.
• Console, penggunaan perintah pada console untuk melakukan beragam perintah otomatis seperti mengenerate struktur dasar aplikasi, model,crud, dan sebagainya.
• Dukungan Authentication dan authorization internal sehingga memudahkan pengembangan aplikasi dengan fitur autentikasi.
• Widget, semacam kontrol yang memiliki fungsi seperti auto complete, datapicker,table dan lain – lain. Menggunakan Jquery sebagai javascript client sidernya.
• Form input dan validasi. . memudahkan pengembangan untuk bekerja sengan form pda aplikasi dan melakukan validasi input dari form.
• Modular dan mudah ditambahkan dengan dukungan extensi dan komponen tambahan sehingga beragam fitur tambahan dengan mudah dimasukkan.

Kelebihan Yii
Ada beberapa keuntungan yang dapat kita ambil dalam penggunaan framework PHP Yii berikut. Keuntungannya antara lain adalah:
1. Yii adalah salah satu framework yang sangat ringan dan dilengkapi dengan solusi caching yang memuaskan.
2. Yii sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas-tinggi, seperti portal, forum, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, dll.
3. Yii didokumentasikan dengan jelas, efisien, dan kaya-fitur.

Kekurangan Framework Yii
Tidak banyak kekurangan yang ditemui pada penggunaan Yii. Yii cukup mencakup segala macam fitur-fitur yang diperlukan dalam membangun sebuah web. Namun, bukan berarti Yii tidak mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangan Yii yang cukup signifikan adalah tidak compatible nya Yii dengan PHP 4.

Cara Instalasi Yii
Cara instalasi Yii mencakup langkah berikut:
1. Download Yii Framework dari yiiframework.com.
2. Extract yii yang telah kita download tadi di mana saja. Kemudian buka folder yii yang telah kita extract, copy foder framework ke folder mana saja yang mudah kita akses. Kali ini kami meletakkannya pada folder yii yang telah kita buat sebelumnya pada xampp.
3. Setelah itu jalankan cmd (command prompt). Masukkan perintah [webroot]/framework/yiic webapp[webroot]. Seperti gambar di bawah ini :
4. Setelah menginstalasi Yii, Anda bisa memverifikasi apakah server Anda sesuai dengan semua persyaratan pemakaian Yii. Anda dapat melakukannya dengan mengakses naskah pemeriksa persyaratan di URL berikut dalam browser Web:

http://hostname/path/ke/yii/requirements/index.php

Persyaratan minimum Yii adalah bahwa server Web Anda mendukung PHP 5.1.0 atau lebih tinggi. Yii sudah diuji dengan Apache HTTP server pada sistem operasi Windows dan Linux. Ia juga bisa berjalan pada server Web dan platform lain yang mendukung PHP 5.

Membuat database dan table untuk Yii
1. Buka pada browser localhost/phpmyadmin untuk membuat database
2. Sambungkan database dengan aplikasi web yang kita buat dengan mengubah file konfigurasi aplikasi pada WebRoot/testdrive/protected/config/main.php
*Jangan lupa mengisi db_name dengan nama database yang telah kita buat
3. Membuat table
4. Mengimplementasi operasi CRUD (create, read, update dan delete) untuk tabel yang baru saja kita buat. kita harus mengaktifkan Gii — sebuah generator berbasis web.
5. Buka URL http://hostname/testdrive/index.php?r=gii. Kita akan diminta password, yang baru saja dimasukkan di konfigurasi aplikasi di atas.
6. Setelah login, klik ke link Model Generator. Menu ini akan membawa kita ke halaman penghasil model.
Dalam field Table Name, masukkan tbl_user. Di dalam field Model Class, masukkan User. Kemudian klik tombol Preview yang akan memunculkan file kode baru yang akan dihasilkan. Klik tombol Generate. Sebuah nama file bernama User.php akan dihasilkan di protected/models. Kelas model User ini akan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan tabel tbl_user.
7. Mengimplementasi operasi CRUD tentang data user
8. Menambah mainmenu pada yii
Ubah file pada /protected/view/layouts/main.php, disini kita menambahkan tabel user yang telah kita buat menjadi main menu.
9. Untuk mengisi table user kita harus melakukan login admin terlebih dahulu kemudian ketik pada browser http://hostname/testdrive/index.php?r=user/admin
10. Jika kita tidak login sebagai admin maka kita hanya dapat melihat list user yang sudah dicreate.

Referensi
Wikipedia. MVC. http://id.wikipedia.org/wiki/MVC.
Wikipedia. Yii.en.wikipedia.org/wiki/Yii

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
The Esquire Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: